Kunci TRYOUT 4

Kunci jawaban Prediksi 4!

  1. B ; gagasan utama tercermin di kalimat utama, kalimat utama paragraf tersebut adalah kalimat 1 Selain itu, secara garis teks tersebut membahas tentang kandungan kalori yang ada dalam alpukat.
  2. B ; A berita 1 kal 1, C berita 2 kal akhir, D berita 1.
  3. B ; teks berita pertama berpola apa-bagaimana, sedangkan teks berita 2 berpola siapa-apa-bagaimana.
  4. D; Keistimewaan adalah bakat, talenta, kemampuan, pencapaian, dan prestasi yang susah dicapai orang lain. A umum; siapa saja bisa, B umum, C bukan sesuatu yang istimewa.
  5. G
  6. B; Jawaban B lebih menjelaskan kalimat 2, yaitu murah dan terjangkau. Pilihan jawaban yang lain tidak menjelaskan pernyataan murah dan terjangkau secara teliti.
  7. C; Informasi yang dimaksud dalam iklan adalah CV Grafika Raya membutuhkan tenaga professional di bidang layouter dan desain grafis. Yang paling mendekati adalah C.
  8. D ; fakta terdapat pada kalimat no 3 -5. 1 dan 2 adalah opini karena ragam kalimat yang membujuk dan subjektif.
  9. C ; Kesimpulan berupa ikhtisar (ringkasan)/poin penting yang dapat diambil dari sebuah bacaan. Kesimpulan tidak berupa penjelasan satu kalimat penjelas.
  10. C ; Sudah jelas
  11. D ; sudah jelas
  12. D ; sudah jelas
  13. D ; sudah jelas
  14. G
  15. C ; dalam kalimat nomor 2 dan 3 terdapat majas metafora. Sedangkan di kalimat 1 dan 4 tidak terdapat majas.
  16. A ; Puisi satu bermakna penyesalan dan pelajaran untuk tidak mengulangi hal yang salah. Puisi dua mengajarkan bahwa perbedaan itu merupakan kelebihan untuk memahami.
  17. D ; jawaban tercermin di kalimat kutipan no. 1.
  18. D ; bukti watak Ririn pencela tertulis secara langsung di kalimat nomor 4.
  19. D ; kutipan di atas sifat ayah kurang menyukai orang Jakarta, terllihat bukan dari perilaku atau tindakan (dialog (tidak ada dialog) dan bentuk fisik (tidak ada dikisahkan bentuk fisik) tidak mungkin) tetapi diceritakan oleh tokoh aku.
  20. C ; Sudah jelas. Pesan yang disampaikan kita tidak boleh malu/minder dengan kekurangan kita, karena setiap manusia punya potensi yang sama.
  21. B ; Sudah jelas; konflik adalah permasalahan atau pertentangan yang menjalankan sebuah cerita.
  22. B ; Adat adalah kebiasaan masyarakat yang dilakukan sejak dahulu. Dalam cerita ini kebiasaan masyarakat tercermin di kalimat B.
  23. C ; perbedaan novel tersebut adalah bahasa. Novel 1 bahasa sulit dipahami karena banyak menggunakan majas dan bahasa kias (tidak bermakna apa adanya). Novel 2 bahasanya lugas (apa adanya) dan menggunakan bahasa Indonesia modern sehingga mudah dipahami.
  24. D ; suasana yang tercipta disana adalam marah karena dalam dialog terdapat banyak peristiwa dan dialog yang menunjukkan kemarahan.
  25. B ; Latar tempat terlihat di narasi kalimat pertama.
  26. A ; Jawaban A adalah yang paling sesuai dengan ilustrasi.
  27. D ; Jawaban D yang paling cocok dengan ilustrasi.
  28. C ; Urutan C adalah urutan yang paling logis dan masuk akal.
  29. A ; sudah jelas
  30. D ; Jawaban D paling cocok dengan ilustrasi terkhususnya kelebihan dan kekurangan buku.
  31. B
  32. D
  33. D
  34. D
  35. B
  36. B
  37. C
  38. A
  39. B
  40. D
  41. C ; kata anak-anak, bapak, dan ibu dapat disingkat dengan kata hadirin.
  42. B ; Rumusan masalah adalah sebuah pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang panjang yang berupa proses atau alasan. Untuk mencari rumusan masalah cocokanlah jawaban dengan tema.
  43. D ; sudah jelas dan paling sesuai dengan ilustrasi.
  44. B ; Ingat P,e.ta.ju.ko:pe
  45. B ; Menghindari penggunaan kata yang memiliki kesamaan arti adalah cara mengerjakan kalimat efektif. Dalam kalimat ini, kata jambu dan kiwi sudah merujuk pada buah sehingga penggunaan kata buah dinilai tidak efektif.
  46. A ; Penggunaan tanda baca koma funsinya untuk memisahkan antara satu unsur dengan unsur lain contohnya belajar tali temali, mendirikan tenda, membuat api unggun, dan pertolongan pertama.
  47. D ; Huruf capital dipakai di awal kalimat, nama orang, dan nama letak geografis. Nama letak geografis memiliki pengecualian, yaitu jika digunakan sebagai nama jenis (nama alat, makanan, dll) maka penulisanya menggunakan huruf kecil contoh petai cina dan pisang ambon.
  48. D ; jawaban D merupakan isi dari pantun ingat kembali aturan pantun!
  49. A ; dalam jawaban A terdapat majas simile/asosiasi dan cocok dengan baris puisi yang mengikutinya. Jawaban C terdapat majas personifikasi tetapi tidak sesuai dengan baris yang lain.
  50. A ; jawaban yang paling cocok dengan ilustrasi adalah jawaban yang A. Jika kita masukkan dialog A ke teks rumpang hasilnya akan lebih padu.

5 thoughts on “Kunci TRYOUT 4

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s