Berkendara Itu Menyenangkan

Bepergian jarak jauh bersepeda motor atau lazim disebut touring biasanya menghabiskan waktu berjam-jam. Di satu sisi, ini adalah hal yang menyenangkan. Tetapi di sisi lain hal ini juga lebih melelahkan dibandingkan dengan menempuh jarak dan waktu yang sama dengan mengemudikan mobil.

Untuk dapat menikmati bertualangan dengan sepeda motor, sebaiknya dibuat agar perjalanan menjadi senyaman mungkin. Berikut adalah hal-hal yang perlu dipertimbangkan:

  • Gunakan Windshield: Hentakan angin pada tubuh akan membuat kelelahan bagi pengendara jarak jauh. Dalam cuaca dingin, angin akan menambah sulit bagi pengendara sepeda motor untuk menjaga panas tubuh. Sementara pada cuaca panas sirkulasi udara yang tepat sangat diperlukan untuk menguapkan keringat. Banyak berkeringat akan cepat menguras cairan tubuh.
  • Gunakan Jok Yang Nyaman: Posisi duduk adalah salah satu faktor yang paling penting untuk mendapatan kenyamanan berkendara. ATPM memproduksi motor bersifat massal, berarti masih harus ada penyesuaian, karena tubuh kita tidak dibangun sama. Carilah pembuat jok yang dapat membentuk posisi duduk yang sesuai dengan postur tubuh. Bukan hanya gaya, namun harus fungsional.
  • Postur Berkendara: Analogi sederhana untuk menggambarkan posisi mengendarai sepeda motor yang paling nyaman adalah seperti berkuda: duduk tegak dengan agak ke depan sedikit. Paha ditekan ke tangki, punggung lurus dan tangan memegang setang kemudi dengan santai. Siku membentuk sudut 120 derajat. Jika posisi tinggi setang kurang cocok, kita bisa menggunakan adaptor tambahan.
  • Kenakan Jaket Yang Tepat: Kita semua tahu pentingnya mengenakan perlengkapan pelindung untuk mengantisipasi benturan pada kecelakaan. Mengenakan jaket yang sesuai juga penting untuk kenyamanan. Dalam cuaca panas, dianjurkan untuk memakai jaket terbuat dari bahan mesh atau yang ber-ventilasi agar memungkinkan udara mengalir untuk kelancaran pendinginan tubuh. Pada udara dingin, sebaiknya kenakan pakaian yang mampu menahan dingin dengan baik.
  • Hindari Dehidrasi: Mengalami dehidrasi saat berkendara dapat membahayakan. Meminum banyak air bening dapat mengganti cairan tubuh yang hilang melalui keringat. Minum minuman olahraga dan memakan buah segar dapat mengganti cairan elektrolit.
  • Gunakan Kacamata: Selainnya visor helm, kacamata akan membantu melindungi mata pengendara baik dari debu maupun dari silau matahari. Sekarang banyak helm yang dilengkapi dengan visor peredam sinar matahari sebagai pengganti kacamata.
  • Bebas Stres: Naik motor merupakan kegiatan yang fisik. Jika kondisi mental lelah atau emosional, kita tidak mungkin bisa merasakan kenikmatan berkendara. Dari sudut pandang keamanan, kelelahan mental dan emosi dapat mengurangi kewaspadaan.
  • Istirahat Yang Cukup: Saya pribadi lebih suka beristirahat setiap dua jam atau setelah menempuh jarak 100 kilometer untuk peregangan, bersantai, berbicara dengan orang penduduk setempat, re-hidrasi, dan mendiskusikan perjalanan dengan teman seperjalanan. Bersepeda motor seharusnya menyenangkan. Menjadi nyaman adalah sebagian cara untuk menjaga supaya perjalanan tetap menyenangkan.

Yang penting untuk diingat adalah bahwa kenyamanan berkendara memiliki korelasi yang sangat tinggi dengan kesenangan berkendara jarak jauh dengan sepeda motor Anda.***

(Repost/diambil sepenuhnya dari sumber :

Pak Ija di http://gl200spr.wordpress.com/2013/02/13/berkendara-yang-menyenangkan/)

2 thoughts on “Berkendara Itu Menyenangkan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s