Wawancara

KBBI (2003) mendefinisikan wawancara sebagai:

1 tanya jawab dng seseorang (pejabat dsb) yg diperlukan untuk dimintai keterangan atau pendapatnya mengenai suatu hal, untuk dimuat dl surat kabar, disiarkan melalui radio, atau ditayangkan pd layar televisi;

  • Pengertian pertama mengarah pada kegiatan wawancara yang bertujuan untuk mengumpulkan informasi dan lebih mengarah kepada kegiatan jurnalisti (segala sesuatu yang berkaitan dengan kewartaa/ berita).Dari pengertian di atas dapat kita simpulkan bahwa hasil laporan tersebut akan dibuat laporan(baik dalam laporan tanya jawab atau naratif) dan akan  ditampilkan pada media  massa tertentu (baik cetak, atupun media lainya).

2 tanya jawab direksi (kepala personalia, kepala humas) perusahaan dng pelamar pekerjaan;

  • Pengertian kedua mengarah pada kegiatan wawancara yang dijadiakn suatu alat ukur atau alat evaluasi untuk mengambil suatu keputusan atau kebijakan tertentu.

3 tanya jawab peneliti dng narasumber;

  • Pengertian ketiga wawancara didefinisikan sebagai metode  dalam penelitian, yaitu digunakan sebagai metode untuk mengumpulkan data dari populasi yang telah ditentukan.

Secara umum wawancara dapat didefinisikan sebagai kegiatan wawancara antara seorang pewawancara  (pencari informasi) dengan seorang narasumber untuk memperoleh suatu informasi
Kegiatan wawancara memiliki beberapa langkah

Langkah wawancara (biasanya digunakan dalam wawancara terstruktur atau terpimpin)

  1. tentukan tema (menentukan gagasan utama/pokok pikiran yang digunakan sebagai dasar dalam mengembangkan kerangka wawancara)
  2. tentukan tujuan (menentukan apa yang ingin dicapai/diperoleh/digali dalam kegiatan wawancara)
  3. Menentukan narasumber (menentukan narasumber (orang yang akan dimintai keterangan) yang kompeten/yang sesuai dan mampu memberikan informasi yang kita inginkan)
  4. Membuat kesepakatan dengan narasumber
  5. membuat daftar pertanyaan(pertanyaan yang dibuat haruslah pertanyaan yang sesuai dengan tema dan dapat menggali info yang kita inginkan)
  6. melakukan kegiatan wawancara (serta mencatat pokok wawancara)
  7. membuat laporan wawncara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s